Selasa, 29 Oktober 2019

Kesadaran Tentang Pentingnya Motivasi bagi Perubahan Tingkah Laku Manusia

Wawan Setiawan Tirta
Kesadaran Tentang Pentingnya Motivasi bagi Perubahan Tingkah Laku Manusia
Guru-guru sangat menyadari pentingnya motivasi di dalam membimbing murid. Berbagai macam tekni misalnya kenaikan tingkat, penghargaan, peranan-peranan kehormatan, piagam-piagam prestasi, pujian dan celaan telah dipergunakan untuk mendorong murid-murid agar mau belajar. Ada kalanya, guru-guru mempergunakan teknik-teknik itu secara tidak tepat.
Kesadaran Tentang Pentingnya Motivasi bagi Perubahan Tingkah Laku Manusia Kesadaran Tentang Pentingnya Motivasi bagi Perubahan Tingkah Laku Manusia

Bukan hanya sekolah-sekolah yang berusaha memberi motivasi tingkah laku manusia ke arah perubahan tingkah laku yang diharapkan. Orang tua / keluarga pun telah berusaha memotivasi belajar anak-anak mereka. Kelompok yang berkecimpung di bidang “management” yang membuat rencana “incentive” baru untuk meningkatkan produksi, adalah berusaha memotivasi perubahan-perubahan dalam tingkah laku. Kaum pengusaha yang mengeluarkan biaya setiap tahun untuk memasang advertensi, berarti memotivasi orang-orang agar mau membeli dan menggunakan hasil-hasil usahanya.

Dari ulasan di atas, nyatanya kesadaran tentang pentingnya motivasi bagi perubahan  tingkah laku manusia telah dimiliki, baik oleh para pendidik, para orang tua murid maupun masyarakat.

Masalah motivasi siswa dalam belajar, merupakan masalah yang sangat kompleks. Dalam usaha memotivasi siswa itu, tidak terdapat aturan-aturan yang sederhana. Penyelidikan tentang motivasi, kiranya menjadikan guru peka terhadap kompleksitas masalah ini. Guru hendaknya mengetahui prinsip-prinsip motivasi yang bisa membantu pelaksanaan tugas mengajarnya, meskipun tidak ada pedoman khusus yang pasti.

Menurut pengamatan Hilgard dan Russell, ternyata tidak ada obat yang mujarab untuk  menyembuhkan segala “Penyakit mental” yang didapati pada anak-anak yang berada di dalam lingkungan sekolah yang tidak cocok bagi mereka. Jika terdapat kesimpulan penelitian yang kiranya membantu guru, ternyata kemudian tidak diketahui tentang prosedur yang  pasti  untuk memotivasi semua murid pada setiap saat.

Demikianlah ulasan mengenai “Kesadaran Tentang Pentingnya Motivasi bagi Perubahan Tingkah Laku Manusia”, yang pada kesempatan ini dapat dibahas dengan singkat. Semoga bermanfaat dan untuk kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih anda telah berkunjung maupun membaca dan sampai jumpa!

*Rajinlah belajar demi Bangsa dan Negara, serta jagalah kesehatanmu!
*Semoga anda sukses!
*Jangan lupa untuk share ulasan di atas!